Home » Bantu Turunkan Angka Stunting, Perta Arun Gas Launching Rumah Gizi Gampong (RGG)

Bantu Turunkan Angka Stunting, Perta Arun Gas Launching Rumah Gizi Gampong (RGG)

by Redaksi

Acehsumatra.com (Lhokseumawe) Berkomitmen penuh untuk berkontribusi terhadap lingkungan Perusahaan serta ikut menekan angka stunting di Kota Lhokseumawe, Perta Arun Gas (PAG) melaksanakan launching Rumoh Gizi Gampong (RGG). Kegiatan bertema “Program Energy Sehat PAG Peduli Stunting & Launching Rumah Gizi Gampong (RGG)” tersebut diresmikan oleh PJ Walikota Lhokseumawe dan diselenggarakan di Gampong Blang Pulo, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, pada Kamis (13/7/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut Pj Wali Kota Lhokseumawe, Dr.Drs. Imran, M.Si, MA.C.d Manager Corcomm & CSR PAG, Iskandarsyah yang diwakilkan Kepala DP3AP2KB Kota Lhokseumawe Salahuddin, Kepala Desa (Geuchik)Blang Pulo, Kepala Dinas Kesehatan yang mewakili, Muspika Se – Kecamatan Muara Satu, serta unsur tokoh masyarakat.

Dalam Kegiatan tersebut, Manager Corcomm & CSR PAG, Iskandarsyah menyampaikan bahwa isu perlambatan tumbuh kembang anak atau yang biasa disebut stunting di Kota Lhokseumawe mencapai 28,1 %. PAG nantinya akan mengasuh sebanyak 50 anak melalui Gerakan Orangtua Asuh. “Saat ini kami dipercaya sebagai bapak asuh anak stunting, nantinya perusahaan akan terus berkoordinasi terkait penanganan gizi dengan Puskesmas setempat.
Oleh karena itu, mari kita bersama – sama berkolaborasi dan berupaya mencegah dan mengatasi stunting,” ujarnya.

Program Rumoh Gizi Gampong ini merupakan salah satu program CSR PAG di bidang kesehatan masyarakat dimana berfokus untuk menurunkan angka stunting, khususnya di Kota Lhokseumawe. “ Stunting ini berpengaruh ke terhambatnya pertumbuhan fisik serta berdampak pada terganggunya perkembangan otak dan metabolisme dalam tubuh, sehingga mereka beresiko mengalami penyakit infeksi, obesitas dan penyakit jantung. Mudah2 dengan adanya program CSR PAG dapat mengurangi angka stunting di Kota Lhokseumawe,”tambahnya.

Lebih lanjut, Plt kepala puskesmas muara satu Nyanyak Meutia STr.Keb menerangkan, program RGG ini merupakan program pemerintah Aceh dalam penanganan stunting secara terpadu dan terintegrasi melalui pendekatan pemerdayaan keluarga. Stunting tidak hanya dipengaruhi oleh asupan makanan tetapi faktor lingkungan juga sangat berpengaruh.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Kota Lhokseumawe Salahuddin mengingatkan, sesuai target Presiden Jokowi yaitu 14%, kita optimisnya nol (0%) harapannya dengan keterlibatan dan kerjasama seluruh stakeholder, maka stunting di Kota Lhokseumawe akan tuntas seluruhnya. ”Kita coba pacu untuk naikkan berat badan, dengan konsumsi rutin telur, kacang ijo, karbohidrat yang akan memacu cepat tumbuhnya anak” katanya.

RGG yang kita Launching hari ini merupakan RGG ketiga diwilayah kerja Muara Satu, pertama didesa Blang Panyang, kedua didesa Meuria Paloh. (R/z)

You may also like